4/29/07

1 tamparan untuk 3 pertanyaan

Ada seorang pemuda yang lama sekolah di luar negeri,kembali ke tanahair.Sesampainya di rumah ia meminta kepada orang tuanyauntuk mencariseorang guru agama, kiyai atau siapa saja yang bisamenjawab 3pertanyaannya.Akhirnya orang tua pemuda itu mendapatkan orangtersebut, seorang kiyai.
Pemuda : Anda siapa Dan apakah bisa menjawabpertanyaan-pertanya an saya?

Kiyai : Saya hamba Allah dan dengan izin-Nya saya akanmenjawabpertanyaan anda.
Pemuda : Anda yakin? Sedangkan Profesor dan ramaiorang yang pintartidak mampu menjawab pertanyaan saya.

Kiyai : Saya akan mencoba sejauh kemampuan saya.

Pemuda : Saya ada 3 pertanyaan:1.Kalau memang Tuhan itu ada,tunjukan wujud Tuhankepada saya 2.Apakahyang dinamakan takdir 3.Kalau syaitan diciptakan dariapi kenapadimasukan ke neraka yang dibuat dari api, tentu tidakmenyakitkan buatsyaitan. Sebab mereka memiliki unsur yang sama. ApakahTuhan tidakpernah berfikir sejauh itu?
Tiba-tiba kyai tersebut menampar pipi pemuda tadidengan keras.
Pemuda : (sambil menahan sakit) Kenapa anda marahkepada saya?


Kiyai : Saya tidak marah…Tamparan itu adalah jawabansaya atas 3pertanyaan yang anda ajukan kepada saya.
Pemuda : Saya sungguh-sungguh tidak mengerti.

Kiyai : Bagaimana rasanya tamparan saya?
Pemuda : Tentu saja saya merasakan sakit.Kiyai : Jadi anda percaya bahwa sakit itu ada?
Pemuda : Ya!

Kiyai : Tunjukan pada saya wujud sakit itu!
Pemuda : Saya tidak bisa.

Kiyai : Itulah jawaban pertanyaan pertama…kita semuamerasakankewujudan Tuhan tanpa mampu melihat wujudnya.
Kiyai : Apakah tadi malam anda bermimpi akan ditamparoleh saya?

Pemuda : Tidak.
Kiyai : Apakah pernah terfikir oleh anda akan menerimatamparan darisaya hari ini?

Pemuda : Tidak.
Kiyai : Itulah yang dinamakan takdir.
Kiyai : Terbuat dari apa tangan yang saya gunakanuntuk menampar anda?

Pemuda : Kulit.
Kiyai : Terbuat dari apa pipi anda?

Pemuda : Kulit.
Kiyai : Bagaimana rasanya tamparan saya?

Pemuda : Sakit.
Kiyai : Walaupun syaitan dijadikan dari api dan nerakajuga terbuat dariapi, jika Tuhan menghendaki maka neraka akan menjaditempat yangmenyakitkan untuk syaitan.



Ilmu merupakan harta abstrak titipan Allah Subhanahuwata’ala kepada seluruh manusia yang akan bertambahbila diamalkan, salah satupengamalannya adalah dengan membagi-bagikan ilmu itukepada yangmembutuhkan.
Janganlah sombong dengan ilmu yang sedikit, karenajika Allah Subhanahu wata’ala berkehendak ilmu ituakan sirna dalam sekejap, beritahulah orang yang tidaktahu, tunjukilah orang yang minta petunjuk, amalkanlahilmu itu sebatas yang engkau mampu(ibam)

No comments: